Senin, 18 Februari 2019

Pekerjaan Paruh Waktu Online Ibu Rumah Tangga Minimal atau Tanpa Modal




Pada jaman milenial yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang saat ini smartphone menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Dengan smarthphone orang dapat melakukan segala sesuatu lebih praktis, cepat dan lebih mudah dalam mengakses segala sesuatu.
Untuk Bunda agar dalam menggunakan smartphone selain untuk memenuhi kebutuhan kita juga bisa melakukan hal-hal produktif dengan menggunakan smartphone. Smartphone dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


1. Reseller atau Dropshipper Online

Sudah tidak diragukan lagi jika saat ini toko-toko online semakin banyak dan semakin berkembang pesat. hampir semua barang dapat dicari melalui online, bahkan retail-retail besar banyak yang tutup dikarenakan  kebiasaan berbelanja masyarakat sudah mulai beralih ke online. Dari toko online masyarakat bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena bisa berasal dari penjual atau tangan pertama, yang memutus mata rantai penjualan.


Reseller berarti kita membeli barang dari penjual untuk di jual kembali. Sedangkan dropshipper kita membantu menjualkan barang. Intinya sama-sama mencari pembeli kembali, namun dropshipper bisa dilakukann dengan tanpa modal karena barang tidak perlu dibeli terlebih dahulu.


Untuk menjadi reseller ataupun dropshipper online kita dapat memasarkan barang tersebut melalui online, seperti membuka toko online di beberapa penyedia jasa penghubung seperti di Shoppee, Tokopedia, BukaLapak, JD.ID, Blibli.com, dan lain-lain. Karena banyaknya toko online saat ini dan pembeli dapat dengan cepat membandingkan harga maka kita sebagai penjual harus sabar terhadap hasilnya. Kita harus rajin-rajin mengecek harga termurah dari penjual langsung atau dari tangan pertama, agar kita bisa tahu kisaran harga barang yang bersaing. Sebelum menjual ada barang kita harus megecek kualitas barang tersebut, bisa kita mencoba membeli dari toko tersebut baru kemudian di jual lagi, melihat feedback atau komentar dari pembeli lain, dan lain-lain sehingga kita mengerti  kualitas barang dan tidak salah dalam menjadi reseller/ dropshipper.


Untuk mempromosikan barang yang akan kita jual, kita bisa menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp dan lain-lain. Tapi ingat ya Bunda, untuk Facebook dan Instagram saat kita mengepost barang yang akan kita jual jangan terlalu sering dalam sehari karena akan menyebabkan teman-teman terganggu( menspam). Ada baiknya kita tentukan ritme di waktu-waktu tertentu mengepost barang yang kita jual yaitu tidak lebih dari 3x dalam sehari, sehari mungkin 2x. Untuk di Whatsapp bisa melalui grup-grup, melalui story di whatsapp, story di instagram, story di facebook, dan lain-lain, untuk di Story tidak akan terlalu menganggu namun tetap harus diperhatikan ritme nya ya.


Bunda bisa mendaftar menjadi agen, pada beberapa produk bunda harus mengeluarkan biaya pendaftara, bunda juga bisa menjual beraneka barang sekaligus, barang yang diminati biasanya seperti makanan kecil, makanan ringan, pakaian, gamis, jilbab, kosmetik, perawatan kecantikan, baju anak, buku untuk anak, tempat makan, peralatan masak, seprei, aksesoris, jam tangan, dan lain-lain.


Jika sehari bunda mendapatkan 2-3  pembeli secara online dengan keuntungan barang 20.000/ barang/ pembeli, maka sebulan bunda bisa mendapatkan 30 hari bisa mendapatkan keuntungan 1.200.000 -1.800.000. Biasanya pembeli lebih banyak pada tanggal-tanggal dekat dengan tanggal gajian. 


2. Mengisi Survey Online

Untuk bunda yang memiliki waktu luang bunda bisa mendaftar di beberapa situs survey online berbayar, disini bunda hanya perlu mengisi survey online bunda akan diberi poin jika sudah menyelesaikan survey hingga beberapa kali jumlah survey bunda bisa menukarkan poin tersebut menjadi uang tunai, pulsa, dan lain-lain.

Bunda bisa mendaftar di 5-10 situs yang memberikan survey berbayar, disini bunda biasanya dibayar melalui suatu marchant seperti Paypal. Setelah mencapai poin tertentu, dapat ditukarkan dengan dana yang akan masuk ke paypal, dari rekening paypal bunda bisa dimasukkan ke dalam rekening bunda.
Mengisi survey tidak membutuhkan waktu lama antara 5-15 menit setiap survey. Bunda bisa mengerjakan dimalam hari sebelum tidur.


3. Menjual Karya Online

Bagi bunda yang punya bakat atau kemampuan dalam membuat karya seperti menggambar, mendesign, fotografi,  membuat video bunda bisa menawarkan jasa karya bunda. Saat ini kreator-kreator sedang banyak dicari, bunda bisa mendaftar atau memberikan contoh hasil karya bunda ke beberapa agen yang mencari kreator.

Jika bunda bisa menjadi kreator tetap maka bunda bisa mendapatkan penghasilan perbulan dengan hanya bekerja dari tumah.

4. Menjadi Blogger atau Penulis Freelance

Jika bunda suka menulis tidak ada salahnya bunda membuat blog dan menulis dalam blog tersebut. Bunda bisa menceritakan atau sharing tentang apapun yang ingin bunda bagikan pada orang lain dalam blog tersebut. Jika blog bunda banyak yang menyukai dan membaca maka bunda bisa mengajukan atau mendapatkan tawaran iklan yang nantinya dapat menguntungkan.  Bunda bisa membagikan kegiatan bunda sehari-hari, kegiatan bunda dalam mengasuh anak, dalam membuat makanan, kue, merawat tanaman, menggambar, review ketika berlibur disuatu tempat, review makan di suatu restoran atau warung, review alat make up,  tutorial berhijab, tutorial kecantikan, membuat kerajinan tangan DO IT Yourself (DIY) dan lain-lain.

Bunda juga bisa mengirimkan artikel atau tulisan bunda ke berbagai penerbit media cetak atau online. Di majalah-majalah atau website khusus sesuai dengan bidang yang bunda tulis, jika tulisan bunda dimuat di majalah atau website-website tersebut bunda bisa mendapatkan honor.

5. Menjadi Vlogger

Jika menjadi blogger dalam bentuk tulisan menjadi vlogger dalam bentuk video. unda bisa membagikan kegiatan bunda sehari-hari, kegiatan bunda dalam mengasuh anak, dalam membuat makanan, kue, merawat tanaman, menggambar, review ketika berlibur disuatu tempat, review makan di suatu restoran atau warung, review alat make up,  tutorial berhijab, tutorial kecantikan, membuat kerajinan tangan DO IT Yourself (DIY) dan lain-lain.

Jika sudah mencapai jumlah suscriber tertentu atau jumlah penonton tertentu youtube akan memberikan bayaran kepada para vlogger-nya. Makanya saat ini banyak orang mencoba membuat konten-konten menarik agar banyak peminat dan penontonnya yang dapat membuat mereka mendapatkan banyak uang.

6. Berjualan Pulsa, Pulsa Listrik dan Jasa Pembayaran


Aplikasi-aplikasi dan marchant-marchant yang ada saat ini memudahkan kita untuk melakukan transaksi apa saja. Mulai dari berjualan pulsa, pulsa/ token listrik, sampai dengan membayar tagiha-tagihan seperti tagihan BPJS, tagihan PDAM, atau tagihan belanja lainnya. 

Bunda bisa mengajukan jasa untuk pengisian pulsa, token listrik, pemabayaran-pembayaran tagihan untuk orang-orang sekitar, kenalan, teman sekolah, relasi, tetangga, teman arisan, dan lain-lain dengan mengambil margin atau keuntungan biaya. Bunda bisa menaruh uang aplikasi-aplikasi atau marchant-marchant untuk mendapatkan keuntungan promosi, diskon, atau cashback dari pembelian, pulsa, paket data, token listrik atau untuk pembayaran tagihan-tagihan.


7. Menjadi Admin Sosial Media Bertema


Sosial Media seperti Instagram saat ini sangat banyak peminat dan followernya, bunda bisa membuat akun media sosial seperti di Instagram berdasarkan satu tema tertentu, untuk bunda yang suka membagikan pengalaman mengenai anak bunda dapat membuat akun untuk ibu dan anak, bunda yang suka makan dan jalan-jalan membuat akun dengan tema makan dan jalan-jalan, bunda yang suka memasak membuat akun dengan tema masakan, bunda yang suka berdandan bunda bisa membuat akun yang isinya berdandan dan kosmetik, dan banyak lagi sesuai bidang yang bunda sukai atau kuasai. Bunda harus rajin-rajin menggali dan membuat konten sekreatif mungkin. Hal ini agar banyak yang mengikuti atau menyukai Instagram bunda.

Jika Bunda mempunyai banyak follower, bunda bisa menerima endorse  atau bunda bisa menyisipkan barang yang akan bunda jual di dalam postingan bunda atau di instastory, sehingga banyak yang mengenal dan membeli.

8. Menjadi Guru Online

Memberi pengajaran lewat online saat ini sudah tidak asing lagi. Mudahnya akses dan komunikasi melalui online membuat memberikan pengajaran melalui online semakin marak, karena tidak perlu lagi untuk pergi ke lokasi pembelajaran, tidak terlalu susah menyusun waktu dan bisa diikuti dari mana saja berada.
Bunda yang suka mengajar bisa mendaftar menjadi guru privat online bagi siswa-siswa, bunda yang ahli dalam hal tertentu bisa memberi kuliah online bunda bisa menerapkan berbayar atau gratis agar banyak mendapatkan kenalan atau followers dan dapat menyisipkan promosi produk yang akan dijual.


Sekian beberapa pekerjaan yang bisa bunda kerjakan sambil online. Masih banyak manfaat dan kegunaan online lainnya untuk lebih produktif. Tapi ingat ya Bun, Jangan karena kebanyakan online kita jadi melupakan tugas kita, dan tanggung jawab kita pada keluarga. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pekerjaan Paruh Waktu Online Ibu Rumah Tangga Minimal atau Tanpa Modal

Pada jaman milenial yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang saat ini smartphone menjadi kebutuhan sehari-hari kita. ...